Saturday, September 17, 2016

Melihat Game dari Sisi Positif dan Mengambil Manfaatnya



Manfaat 1
Membuat permainan menjadi asik.


Membuat permainan menjadi asik? Sepertinya terdengar sangat sulit, tetapi memang kenyataannya begitu. Dengan kita melihat game dari sisi positif kita dapat merubah cara bermain dan pola pikir kita, dan itu membuat permainan menjadi lebih udah dan asik. Banyangkan saja jika kita bermain DotA dan ada orang yang berbicara kasar dan kita menganggapinya dengan kata - kata kasar juga. Maka yang terjadi adalah suasana permainan menjadi negatif dan asik. Akan berbalik apabila kita mendiamkan saja atau menanggapi dengan positif maka kita akan dapat bermain secara tenang dan asik. Suasana permainan jadi asik.

Manfaat 2
Melatih kreativitas dan pengambilan keputusan.


Selain membuat game menjadi asik, dengan melihat dari sisi positif kita dapat mengembangkan kreatifitas dan pengambilan keputusan kita. Contoh saat kita bermain suatu game yang memiliki mode sandbox atau kita ambil contoh game Minecraft. Dalam game Minecraft kita harus membuat banyak hal agar permainan menjadi mudah dan menarik. Dan kita juga harus mengampil keputusan dengan logika maupun insting agar barang yang di buat berguna untuk bertahan hidup atau mempermudah jalannya permainan.

Manfaat 3
Meningkatkan daya imajinasi.


Daya imajinasi kita pun dapat meningkat dengan mengambil sisi positif dari game tersebut. Entah dalam pembuatan cerita, pebuatan dongeng secara fantasi maupun fiksi. Kita dapat memperluas daya imajinasi kita dan pengetahuan kita dengan bermain game. Karena sekarang banyak sekali permainan yang memberikan pengetahuan - pengetahuan tentang cerita rakyat dari banyak negara. Contoh Assassins Creed’s : Black Flag, menceritakan tentang bagaimana bajak laut bekerja pada jamannya. Sehingga kita dapat menggunakannya pada pembuatan game kita lainnya. 

Manfaat 4
Media edukasi dan media hiburan.


Sisi positif tersebut juga dapat kita manfaatkan sebagai media edukasi maupun media hiburan. Bayangkan saja sekarang sudah ada VR maupun AR yang mampu mengedukasi kita dengan banyak hal entah itu bangunan bersejarah hingga hewan purba. Publikasi dari suatu hal juga dapat kita masukkan dalam game contoh pada game Tahu Bulat. Pada game tersebut mempromosikan tentang Tahu Bulat Tersebut dalam bentuk virtual. Game tersebut juga menyampaikan infomasi bahwa betapa viralnya Tahu Bulat. Bahkan, game tersebut juga mengiklankan Tahu Bulat tersebut agar menjadi lebih populer.

No comments:

Post a Comment